SAINS



    4 Fakta sains paling keren


Hasil gambar untuk sains


  1. Mengapa perut kita lapar meskipun hanya duduk dan belajar?


Image result for orang lapar 



       Tahukah kalian, saat kita semangat bermain bola dilapangan, terkadang perut kita terasa lapar.  Hal itu dikarenakan saat kita berolahraga membutuhkan energi yang banyak. Tapi walaupun tidak berolahraga dan tidak berkeringat sama sekali, saat membaca buku atau mengerjakan soal yang sulit pun  perut juga terasa lapar.


        Mengapa demikian ? jika kita sedang serius dalam mengerjakan sesuatu, otak akan bekerja giat dan terhubung dengan sel saraf kita (neuron) yang kemudian menjadikannya aktif. Dalam proses ini otak membutuhkan energi dan juga oksigen. Semakin serius kita bekerja, neuron akan menjadi semakin rumit , sehingga banyak energi dan oksigen yang terpakai. akibatnya walau kita hanya duduk dan tidak mengeluarkan keringat sekalipun, kita tetap kehilangan banyak sekali energi sehingga perut kita terasa lapar.



 2. Kenapa setiap jari memiliki sidik jari?


Related image


       Pada jari kita terdapat banyak garis yang terlihat menonjol pada kulit. Garis garis ini berfungsi untuk mengalirkan air atau keringat pada permukaan jari, supaya tetap ada bagian bagian kering yang dapat mencekeram atau mengapit secara lebih baik.
Itulah yang disebut dengan sidik jari. Diujung jari kita terdapat kelenjar keringat yang terbuka, sehingga pada saat kita menyentuh benda,sidik jari kita akan meninggalkan sesuatu.
Sidik jari biasanya mulai terbentuk pada usia kehamilan 18 minggu. Ajaibnya, meskipun jari kita memanjang seiring bertambahnya usia, sidik jari kita tidak akan berubah. Selain itu, tidak ada sidik jari yang sama di dunia, bahkan anak kembar sekalipun.



3. Bagaimana  cara sabun menghilangkan kotoran?


Image result for gambar sabun


         Kita biasa menggunakan sabun dan deterjen sebagai penghilang kotoron. Sabun dan deterjen terdiri dari molekul yang disebut surfaktan . surfaktan  inilah yang bekerja yang bekerja di permukaan air. Surfaktan dapat menyatu dengan minyak dan air. Saat sabun atau deterjen diruang ke dalam air, surfaktan ini akan bekerja menghilangkan minyak dan kotoran dalam baju. Bagian yang dapat menyatu dengan air kemudian bersatu dan menarik kotoran ke air cucian sehingga kotoran yang menempel dibaju menjadi mudah terangkat. Saat kita mengucek pakaian itulah, kotoran minyak yang menempel pada baju hilang.



4. Kenapa saat bersin kita menutup mata?


Image result for orang bersin


        Saat sedang terken flu berat atau hidung tak sengaja menghirup debu,kita akan bersin. Saat kita bersin sambil menutup mata, itu sebenarnya untuk melindungi mata kita akibat gerakan bersin yang cepat. Bersin mengeluarkan banyak energi yang sangat besar sehingga dapat pula menjatuhkan bola mata.Tahukah kalian, kecepatan bersin manusia adalah 160 km/jam. Bahkan lebih cepat dari pukulan pemain bisbol. Saat membuka mulut dan bersin, bagian anak tekak dalam mulut dapat pengaruh yang luar biasa. Bahkan jika bersin terlalu kuat, tulang rusuk akan patah. Sebaliknya jika kita menahan bersin, pembuluh darah yang ada di kepala dan leher akan putus, bahkan dapat menyebabkan kematian. 






     

Comments